| 0 comments ]

Sebanyak empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menandatangani MoU program kerja sama beasiswa 2011 dengan Bank Indonesia (BI) di Gedung Sjariffdin Prawiranegara, Jakarta, Rabu (3/8/2011) sore.

Adapun keempat PTN yang turut menandatangani perjanjian ini, yakni Universitas Indonesia (UI) yang diwakilkan oleh Dr.Kamaruddin, Institut Pertanian Bogor (IPB) yang diwakilkan oleh Prof. Yanny Koesmaryono, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) diwakilkan oleh Dr. Fakhruddin Arbah, dan UIN Syarifhidayatullah oleh sang Rektor, yakni Prof. Komaruddin Hidayat.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Muliaman D Hadad, mengatakan program beasiswa ini telah dimulai sejak 1980 dan perlu diapresiasi serta ditingkatkan.

"Mudah-mudahan program ini bisa ditingkatkan jumlah besaran beasiswanya pada tahun depan. Dan diharapkan mahasiswa menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya," kata Muliaman pada sambutannya.

Beasiswa ini, lanjutnya, juga diharapkan bisa memberikan akses kepada mahasiswa untuk menuju kesuksesan. "Sambil berjalannya nanti, akan dipikirkan peningkatan beasiswa. Karena kebutuhan beasiswa makin meningkat disetiap daerah," katanya.

Direktur SDM Bank Indonesia Gatot Sugiono mengatakan, program beasiswa ini merupakan tindakan nyata BI untuk berkomitmen dalam dunia pendidikan tinggi.

"Program beasiswa ini merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) BI dan menjadi salah satu bentuk nyata dalam mendukung kemajuan dunia pendidikan di Indonesia," ujar Gatot saat pembukaan penandatanganan MoU pada audiens.

Beasiswa ini akan diberikan kepada mahasiswa program S-1 dari golongan kurang mampu, namun memiliki prestasi akademik yang baik guna menyelesaikan studinya tanpa ikatan dinas.

"Program beasiswa kepada 63 PTN di seluruh Indonesia, akan diberikan kepada 2.960 mahasiswa dengan jumlah yang disalurkan yakni sebesar Rp9,21 miliar," lanjutnya.

Jumlah tersebut termasuk di dalamnya 4 PTN besar di Jabodetabek yakni UI, IPB, UNJ, UIN dengan total 240 orang per tahun.

0 comments

Post a Comment