| 0 comments ]

Tahun ini, Universitas Negeri Padang siap menampung 6.066 mahasiswa baru. Jumlah ini terdiri 3.503 mahasiswa reguler (melalui jalur undangan, Bidik Misi, prestasi, dan SNMPTN 2012) dan 2.563 mahasiswa Reguler Mandiri (RM). Jumlah ini sudah diperhitungkan sesuai daya tampung UNP.


Kepala Biro Akademik dan Administrasi Mahasiswa (BAAK) UNP, Ahmad Hamdani menjelaskan, jumlah itu telah dihitung dari jumlah mahasiswa yang wisuda setiap tahunnya. Ini juga tidak melanggar aturan dari Kemendikbud.


Seluruh kampus PTN wajib mengalokasikan 60 persen kuota mahasiswa baru untuk SNMPTN. Sisanya, sejumlah 40 persen baru digunakan untuk seleksi mandiri.


Ahmad menjelaskan, untuk penerimaan mahasiswa dengan jalur RM dilakukan setelah pengumuman SNMPTN. Ini dilakukan untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa yang tidak lulus SNMPTN agar dapat kuliah di UNP. Soal biaya, Ahmad menjelaskan tidak begitu mahal.


“Untuk kelas RM, pasti beda dengan kelas reguler. Jika kelas reguler biaya semesternya Rp 900 ribu, regular mandiri Rp 1,5 juta. Tapi untuk tahun ini, biaya pastinya belum diketahui, diprediksi tidak akan berbeda jauh dengan tahun sebelumnya,” imbuhnya.


Untuk jalur undangan dan beasiswa Bidik Misi, informasinya bisa dilihat di internet atau menanyakan ke kepala sekolah. Jika tahun lalu, sosialisasi terhadap kepala sekolah dilakukan serentak di Unand. Untuk tahun ini, juga akan melakukan hal yang sama. Untuk Bidik Misi ini, mahasiswa akan mendapatkan Rp 6 juta per semester.

Terpisah, Pembantu Rektor I Unand, Febrin Anas Ismail menjelaskan, Unand telah mengkomposisikan untuk 65 persen penerimaan mahasiswa baru dari jalur undangan, bidikmisi, dan prestasi. Sedangkan 35 persen untuk penerimaan mahasiswa secara reguler. Diperkirakan tahun ini, Unand akan menerima 5.300 mahasiswa baru.

0 comments

Post a Comment