| 0 comments ]

Jika Grand Launching Snmptn 2011 diadakan di wilayah Indonesia Timur (Sulawesi/Unhas) maka Grand Launching Snmptn 2012 diadakan di Ibukota Republik Indonesia Jakarta. Pagelaran yang disponsori Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud)diadakan di Gedung D Kemdikbud, pada Kamis malam, (19/1). Grand Launching berlangsung dengan meriah dan diwarnai nuansa budaya yang kental, sebagai simbol sinergi antara pendidikan dengan kebudayaan. Turut hadir dalam Grand Launching tersebut: Wamendikbud bidang pendidikan, Musliar Kasim; Dirjen Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso; Irjen Kemdikbud, Haryono Umar; Sesjen Kemdikbud, Ainun Na’im; Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini; dan Direktur IT dan Supply Telkom, Indra Utoyo.

Dalam Grand Launching SNMPTN 2012 dilakukan penandatanganan MoU antara Panitia SNMPTN dengan Bank Mandiri dan PT Telkom Indonesia. Bank Mandiri merupakan bank yang menyediakan layanan pendaftaran SNMPTN, sedangkan PT Telkom Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan akses internet untuk pendaftaran SNMPTN secara online.

Kemudian launching secara resmi dilakukan dengan pemukulan alat musik dari Papua, yaitu tifa, oleh Wamendikbud bidang pendidikan, Dirjen Dikti, Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri, Dirut Bank Mandiri, dan Direktur IT dan Supply Telkom. Usai pemukulan tifa bersama-sama, hadirin pun dihibur dengan Tarian Tifa dari Papua. Selanjutnya dilakukan penyerahan informasi awal dan Prosedur Operasional Baku (POB) SNMPTN kepada Wamendikbud dan Dirjen Dikti, oleh Ketua Panitia SNMPTN 2012, dan penyerahan informasi awal SNMPTN dalam bentuk CD, kepada 15 perwakilan kepala sekolah.

Grand Launching juga menyajikan tayangan filler SNMPTN 2012 dan Bidikmisi 2012, yang menjelaskan mekanisme pendaftaran dan pembayaran SNMPTN, serta tayangan flow pendaftaran Bidikmisi, jalur undangan, dan jalur tertulis. Acara kemudian diakhiri dengan bermain angklung bersama, yang dipimpin Tim Angklung Unpad.

Telkom Dukung SNMPTN 2012

Telkom Siapkan Bandwidth 240 Mbps untuk Dukung SNMPTN 2012. Telkom menyediakan bandwidth sebesar 200 Mbps untuk pendaftaran jalur tertulis, dan 40 Mbps untuk pendaftaran jalur undangan. Dengan kapasitas bandwidth tersebut, diharapkan internet bisa diakses secara cepat dalam pendaftaran SNMPTN secara online.

Direktur IT dan Supply PT Telekomunikasi Indonesia, Indra Utoyo, mengatakan, Telkom mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya pemerataan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini ini Telkom terus melakukan pengembangan infrastruktur berupa jaringan kabel/fiber untuk menyambungkan pulau ke pulau. “Kami minta maaf untuk perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Indonesia timur, karena saat ini masih diusahakan,” ujar Indra, saat Grand Launching SNMPTN 2012 di Gedung D Kemdikbud, pada Kamis malam, (19/1). Telkom menargetkan, pada 2013 mendatang, infrastruktur TIK di Indonesia timur akan rampung.

Sementara itu, dalam rangka mendukung penyelenggaraan SNMPTN 2012, Telkom menyediakan bandwidth sebesar 200 Mbps untuk jalur tertulis. Data center dan server untuk jalur tertulis dikoordinir oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya. Kemudian untuk jalur undangan, Telkom menyediakan kapasitas 40 Mbps. Data center dan server untuk jalur undangan ini dikoordinir Universitas Indonesia (UI).

Telkom juga menyediakan fasilitas call center untuk melayani berbagai pertanyaan atau konsultasi dari para pendaftar SNMPTN. “Call center ini simpulnya di Yogyakarta, dikoordinir Universitas Negeri Yogyakarta,” ujar Indra Utoyo. Untuk menghubungi operator call center, calon mahasiswa bisa menghubungi nomor 08041450450. Selain itu, untuk membantu pendaftar yang tidak memiliki fasilitas internet di rumahnya, Telkom memiliki sekitar 700 Plasa Telkom di seluruh Indonesia sebagai tempat mengakses internet.

Direktur IT dan Supply PT Telekomunikasi Indonesia, Indra Utoyo, kembali menegaskan, Telkom memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan pendidikan di negeri ini pada umumnya, dan penyelenggaraan SNMPTN pada khususnya, melalui infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. “Kami memiliki harapan agar sinergi yang baik ini dapat memberikan benefit yang seimbang, antara kementerian, perguruan tinggi, negeri, panitia SNMPTN, dan Telkom,” tutur Indra.

Daya Tampung PTN Bertambah

Melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2012, peluang lulusan SMA/SMK/MA untuk mengenyam pendidikan tinggi semakin besar. Karena berdasarkan data pelaksanaan SNMPTN empat tahun terakhir, diketahui jumlah peserta setiap tahun naik 10-15 persen. Dan untuk tahun 2012 ini, diperkirakan ada peningkatan 20 persen dari pendaftar tahun 2011 yang berjumlah 773.900 orang.

Dari jumlah 773.900 pendaftar tahun 2011, ada 232.948 pendaftar melalui jalur undangan, dan 46.674 diantaranya diterima di PTN. Sedang pada jalur tertulis, dari 540.953 pendaftar, 118.223 orang berhasil masuk ke PTN pilihannya. Untuk tahun 2012, diperkirakan ada 250.000 pendaftar pada jalur undangan, 600.000 pendaftar pada jalur tertulis, dan 85.000 pendaftar Bidikmisi.

“Ada kesadaran kita untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk masuk ke perguruan tinggi,” demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang pendidikan, Musliar Kasim, pada jumpa pers di kantor Kemdikbud, Kamis (19/01).

Dengan adanya permen 34 tahun 2010 tentang ketentuan setiap PTN harus mengambil mahasiswa barunya melalui SNMPTN minimal 60 persen, maka PTN tidak boleh mengambil mahasiswanya melalui jalur mandiri lebih dari 40 persen. Bahkan sejak 2011, UGM dan ITB telah melakukan seleksi mahasiswanya murni dari SNMPTN.

Pemerintah juga telah menegerikan setidaknya enam universitas dan politeknik sejak tahun 2010 hingga 2011. Dan direncanakan ada tiga universitas dan dua politeknik untuk dinegerikan pada 2012 ini. “Penegerian universitas dan politeknik juga merupakan salah satu langkah kita untuk memperbanyak daya tampung,” ujar mantan rektor Universitas Andalas (UNAND) ini.

Ketua SNMPTN 2012 Akhmaloka, menyampaikan, tahun 2012 ini bidikmisi tidak hanya diberikan melalui jalur undangan, melainkan juga melalui ujian tertulis. Namun demikian, Ahmaloka menegaskan tidak ada pembagian khusus berapa porsi untuk kedua jalur tersebut. “Kalau misalnya sudah terpenuhi kuotanya di jalur undangan, kemungkinan tidak akan diambil lagi melalui jalur tertulis. Tapi sepertinya tidak akan cukup kalau cuma melalui jalur undangan saja,” ujarnya.

Dalam jumpa pers tersebut juga hadir beberapa rektor PTN yang menyebutkan kuota penerimaan mahasiswa baru pada universitas yang dipimpinnya. ITB menyiapkan 3500 kursi untuk semua jalur, Universitas Hasanuddin menyiapkan 5500 kursi, masing-masing 50 persen porsinya untuk setiap jalur, Universitas Negeri Sebelas Maret menyiapkan 3200 kursi melalui jalur ujian tulis, dan 1300 kursi melalui jalur undangan, Universitas Negeri Yogyakarta menyiapkan 6200 kursi, 4100 kursi diantaranya untuk jelur SNMPTN, dan Universitas Sam Ratulangi menyiapkan 4000 kursi untuk semua jalur.

Panitia Snmptn Kerja Sama dengan Bank Mandiri

Aksesibilitas pendaftaran menjadi hal yang penting dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Untuk meningkatkan aksebilitas pendaftaran, panitia kembali bekerjasama dengan Bank Mandiri. Selain itu, kerja sama dengan PT. Pos dan Giro juga turut dijalin.

Ketua Panitia SNMPTN Prof Akhmaloka menyatakan kerja sama yang dilakukan dalam bentuk transaksi pembayaran dari pendaftar SNMPTN, terutama di daerah-daerah yang masih sulit terjangkau. Hal ini disampaikan dalam kata sambutan di Grand Launching SNMPTN dan Bidik Misi di Gedung D Kemdikbud, Jakarta, Kamis (19/1).

Sebanyak 25000 cabang Bank Mandiri yang tersebar di wilayah nusantara akan melayani transaksi pendaftaran SNMPTN untuk 61 perguruan tinggi negeri penyelenggara." Direktur utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini menjelaskan.

Untuk tahun ini, pendaftaran menggunakan layanan sarana elektronik Bank Mandiri yang disempurnakan oleh sistem web. Di lapangan, pendaftar akan terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara online baru kemudian melakukan transaksi pembayaran dengan beragam layanan bank mandiri seperti internet banking, atm system, cash mandiri system.

Secara prakteknya, para pendaftar akan diberikan kebebasan untuk memilih antara Bank Mandiri dan PT.Pos dan Giro. Layanan call center 14000 tersedia bagi para pendaftar untuk menanyakan lokasi Bank Mandiri terdekat untuk mendaftar. Apabila tidak terdapat cabang Bank Mandiri terdekat maka pendaftar dapat menggunakan layanan PT. Pos dan Giro.

Pada acara ini, ketua umum SNMPTN juga menyerahkan informasi awal SNMPTN kepada Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Dirjen Pendidikan Tinggi Djoko Santoso, perwakilan rektor PTN koordinator wilayah I-IV, 15 perwakilan kepala sekolah. Selain itu, pemutaran rekaman SNMPTN 2012 dan Bidik Misi 2012, tayangan alur pendaftaran Bidik Misi baik melalui jalur undangan dan jalur ujian tertulis turut digelar.

0 comments

Post a Comment