| 0 comments ]

Kabar gembira berhembus dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Satu Program Studi (prodi) FIP akan berubah menjadi Fakultas Pendidikan Psikologi (FPP).

Disampaikan oleh Dekan FIP, Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd di ruang Dekan FIP, Rabu (24/01/2012), pembangunan Fakultas baru ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. "Pembangunan fakultas FPP ini bertujuan untuk menyediakan tenaga psikolog yang handal yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Pengajuan Fakultas yang berawal dari prodi Psikologi jurusan Bimbingan dan Konseling dan Psikologi (BKP) ini dimulai sejak 2009. "Pengajuan menjadi fakultas ini mulai berjalan tahun 2009, tetapi baru disahkan pada tahun 2012," lanjut Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd. ijin pendirian FPP UM ini bersamaan dengan terbitnya surat Dirjen Dikti No. 58/E/C/2012, pada 24 januari 2012 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Fakultas Pendidikan Psikologi pertama di Indonesia ini sendiri baru akan dilaunching pada 7 Februari mendatang. "Untuk sementara ini kami masih sibuk mempersiapkan diri untuk memisahkan FPP dari FIP, terutama bidang sarana dan prasarana, ketenagaan, keuangan, kurikulum, dan kemahasiswaan," terang Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd. "FPP hanya terdiri dari satu Jurusan, yaitu jurusan Psikologi, dengan lima konsentrasi antara lain Psikologi Pendidikan, psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Sosial, dan psikologi Perkembangan.

Tenaga pengajar yang tersedia di Prodi Psikologi saat ini berjumlah 22 orang, yang terdiri dari seorang guru besar, tiga orang Doktor, tiga orang sedang menyelesaikan program doktor, dan sisanya bergelar Magister.

Fakultas yang akan menempati gedung C1 Jl. Surabaya 6 ini adalah Fakultas ke delapan di UM. Bagi FIP sendiri, ini adalah ketiga kalinya FIP turut serta melahirkan fakultas baru di UM menyusul Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) yang dulu merupakan Jurusan Keolahragaan, dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) yang salah satu jurusannya (Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/PPKn) berasal dari FIP.

0 comments

Post a Comment