| 0 comments ]

Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, tidak membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) 2012 karena ingin mendapatkan kualitas calon mahasiswa yang lebih baik.

"Tahun lalu, jalur PMDK Unej baru diadakan setelah proses SNMPTN selesai, para siswa-siswi yang berprestasi sudah tersaring di jalur undangan dan ujian tulis SNMPTN," kata Kepala Humas dan Protokol Unej Rokhani di Jember, Selasa (31/1).

Kuota calon mahasiswa baru jalur PMDK di Unej tahun 2011 sebanyak 709 orang, sedangkan pada tahun 2010 sebanyak 1.299 orang. Menurut dia, Unej juga mengalami kesulitan untuk menggelar proses pendaftaran PMDK dengan waktu yang terbatas karena proses pendaftaran PMDK pada perguruan tinggi negeri (PTN) tahun lalu kurang dari satu bulan.

"Padahal tahun-tahun sebelumnya proses PMDK mulai pendaftaran hingga pengumuman berjalan empat sampai lima bulan, sehingga tahun ini Unej tidak membuka pendaftaran jalur PMDK dengan berbagai pertimbangan," tuturnya.

Ia menjelaskan Unej membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2012/2013 yakni melalui seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan dan SNMPTN jalur ujian tulis, serta jalur seleksi mandiri ujian masuk (UM) Unej yang diselenggarakan oleh Unej sendiri.

"Tahun ini, Unej akan menerima 5.560 mahasiswa baru dengan presentase 25 persen dari SNMPTN jalur undangan, 50 persen dari jalur SNMPTN ujian tulis, dan sisanya dari ujian masuk Unej," katanya menjelaskan.

Persentase mahasiswa baru Unej yang diterima dari jalur SNMPTN sebanyak 75 persen tersebut, lanjut dia, merupakan batasan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud yang mengharuskan setiap perguruan tinggi negeri menerima 60 persen mahasiswa barunya dari SNMPTN.

"Pendaftaran SNMPTN jalur undangan dibuka pada 1 Februari hingga 8 Maret 2012, sedangkan untuk SNMPTN jalur ujian tulis pendaftarannya digelar 10-31 Mei 2012," ujarnya menambahkan.

Sedangkan pendaftaran untuk UM Unej gelombang I digelar 9-13 Juli 2012 dan gelombang II yang khusus pendaftaran program diploma dibuka 20- 24 Juli 2012.

0 comments

Post a Comment