| 0 comments ]

Kami Tim snmptn.biz mengingatkan kepada para siswa bahwa Snmptn Undangan mulai dibuka pendaftarannya Hari ini. Ayo Daftar Snmptn Undangan, Seleksi Snmptn ini dibuka Pagi Ini Rabu 1 Pebruari 2012, sekitar pukul 08.00 Wib, jangan sampai Anda ketinggalan! Kabar baik bahwa semua Daftar Program Studi yang Ditawarkan sudah tersedia, hati-hati dalam memilih program studi sesuaikan dengan minat, bakat, dan kemampuan Anda! Mari kita berlaku jujur, walaupun Kepala SMA/SMK/ MA harus dapat menjadi penentu siapa saja siswa yang bisa atau tidak mengikuti seleksi tersebut. Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter. Dengan demikian sekolah dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Dimulai Berakhir
Pendaftaran oleh kepala sekolah 01 Februari 2012 jam 08:00 29 Februari 2012 jam 18:00
Pendaftaran oleh siswa pelamar 01 Februari 2012 jam 08:00 08 Maret 2012 jam 22:00
Pengumuman Hasil SNMPTN Jalur Undangan 25 Mei 2012 jam 18:00 13 Juni 2012
Pendaftaran ulang bagi siswa yang diterima di PTN


Alamat Resmi Pendaftaran Snmptn Undangan 2012 adalah :

http://undangan.snmptn.ac.id/

Anda bisa langsung memasuki laman tersebut, atau Anda juga bisa pilih links yang kami sediakan untuk mendaftar yang disertai dengan info sekitar profil PTN, akreditasi, dan lain-lain :




Pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan dibuka Pada :

1 Februari – 8 Maret 2012



Panduan Penting Pendaftaran Snmptn Undangan 2012



Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana


1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id.
2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn, Facebook http://www.facebook.com/groups/snmptn,http://halo.snmptn.ac.id, dan call center: 08041450450
3. Alamat Panitia Pelaksana SNMPTN 2012: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116.Telp/Fax. (022) 2530689; e-mail: panitia@snmptn.ac.id

Jadwal Seleksi


1. Pendaftaran Jalur Undangan : 1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB
2. Seleksi Jalur Undangan : 9 Maret – 15 Mei 2012
3. Pengumuman Jalur Undangan : 25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB
4. Pendaftaran Ulang yang diterima : 12 – 13 Juni 2012

Cara Memilih Program Studi



1. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id pada periode waktu pendaftaran.
5. Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedurseleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.

Mekanisme Seleksi


Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:

1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
2. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.

Ketentuan Umum dan Persyaratan



Ketentuan Umum

1. Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.
2. Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
3. Sekolah yang berhak mengikuti jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan .
4. Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.
5. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.


Persyaratan Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

Persyaratan Siswa Pelamar

1. Persyaratan Pendaftaran
A. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012.
B. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
1. Akreditasi A : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
2. Akreditasi B : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
3. Akreditasi C : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
4. Lainnya : 5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5

Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.

C. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
D. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
E. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.

2. Persyaratan Penerimaan : Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.

Alur Pendaftaran Pendaftaran Snmptn Undangan 2012





Tata Cara Pembayaran Pendaftaran Snmptn Undangan 2012



Informasi mengenai tata cara pembayaran dapat diunduh disini

Semua Sekolah Bisa Manfaatkan Jalur Undangan SNMPTN

Mohon diketahui bahwa mulai tahun 2012 ini, kuota jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang diberikan kepada sekolah jauh lebih merata. Sekolah dengan akreditasi C bahkan di luar akreditasi A, B atau C diperbolehkan mendaftarkan siswa terbaiknya melalui jalur undangan.
Jalur undangan ini bukan hanya untuk sekolah negeri. Sekolah swasta pun diperbolehkan ikut jalur undangan. Yang tidak boleh didaftarkan adalah siswa yang nilai semester 3,4, dan 5 tidak dalam satu sekolah. Artinya kalau dia siswa pindahan dan pindahnya di semester 4 tidak bisa masuk, karena khawatir ada perbedaan penilaian, agak sulit menyamakan prestasi kalau dia pindah sekolah. Tetapi kalau dia pindahnya di semester 3 tidak masalah. Yang penting nilai semester 3,4, dan 5 harus di sekolah yang sama.

Khusus bagi pelamar yang tidak diterima di jalur undangan, PIN yang telah dibeli saat pendaftaran jalur undangan bisa digunakan kembali untuk jalur tertulis. Artinya siswa tidak perlu bayar lagi jika ingin ikut jalur tertulis. Kecuali kalau dia diterima di pilihan kedua tetapi memutuskan untuk tidak mengambil pilihan tersebut dan memilih untuk ikut jalur tertulis maka PINnya tidak berlaku lagi dan dia harus tetap bayar.

Dimohon sekolah dan terutama siswa betul-betul memahami semua ketentuan terkait pilihan program studi dan PTN yang dipilih saat mendaftar di jalur undangan. Sebab jika ada perubahan sementara pendaftaran telah dilakukan dan sudah diklik, maka tidak dapat direvisi. Dan kalau ada prestasi tambahan bisa dimasukkan, minimal prestasi tingkat kota. Seperti olimpiade dan lain-lain. Dengan catatan prestasi yang diraih selama SMA, bukan SMP atau bahkan SD.

Pendaftaran untuk jalur undangan ini dilaksanakan per 1 Februari hingga 8 Maret mendatang. Sementara pengumuman seleksi jalur undangan rencananya dilaksanakan 27 atau 28 Mei, setelah pengumuman Ujian Nasional. Karena hasil ujian nasional jadi evaluasi akhir, makanya untuk pengumuman jalur undangan ini menunggu pengumuman UN dulu.

0 comments

Post a Comment