| 0 comments ]

Universitas Tanjungpura (UNTAN) terus berupaya dalam peningkatan mutu, relevansi serta daya saing dalam bidang pendidikan dan Internasionalisasi Perguruan Tinggi, salah satunya melalui realisasi program American Corner (AMCOR) di UNTAN. AMCOR adalah program kemitraan antara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta dengan universitas-universitas terkemuka di Indonesia. Melalui serangkaian seleksi oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, UNTAN dinilai mampu untuk menjalankan dan mendirikan AMCOR. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah nota kesepahaman (Memorandum of Understading) kerja sama kemitraan antara Kedutaan Besar Amerika Serikat, Jakarta, bidang Hubungan Masyarakat (Public Affairs Section of the U.S. Embassy, Jakarta) dengan Universitas Tanjungpura, untuk melaksanakan program AMCOR Universitas Tanjungpura. Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta akan menyediakan fasilitas berupa: buku-buku, majalah dan jurnal (cetak & eletronik) serta sejumlah peralatan multimedia serta informasi mengenai program riset/penelitian dari Amerika Serikat sedangkan UNTAN akan menyediakan sarana dan prasarana AMCOR yang akan dipusatkan di salah satu ruangan UPT Perpustakaan UNTAN.

AMCOR menyediakan akses untuk mendapatkan informasi yang terbaru, akurat dan terpercaya mengenai politik, ekonomi, kebudayaan, pendidikan dan kehidupan social di Amerika Serikat melalui koleksi buku-buku, majalah dan jurnal (cetak maupun elektronik), CD-ROM, DVD, akses ke pangkalan data online dan internet. AMCOR juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang terbuka bagi masyarakat umum, diantaranya seperti: kegiatan belajar mengajar bahasa inggris dengan Regional English Language Office (RELO), English Language Fellow, atau pusat bahasa di universitas yang bersangkutan, informasi pendidikan bagi yang ingin belajar di Amerika Serikat, teleconference atau seminar secara online menggunakan peralatan web conferencing atau digital video conferencing, pelatihan-pelatihan mengenai pencarian sumber informasi dan referensi melalui internet serta seminar dan konferensi dengan pembicara para pakar dari Amerika maupun dari Indonesia. Hingga saat ini, di Indonesia terdapat 11 universitas yang menjadi mitra Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta untuk program AMCOR. Keberadaan AMCOR UNTAN merupakan salah satu hasil kerja dari International Office UNTAN. AMCOR UNTAN juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa/pelajar Non-UNTAN dan masyarakat umum untuk dapat menggunakan fasilitas yang ada dengan menjadi anggota terlebih dahulu.

Peresmian AMCOR UNTAN direncanakan akan digelar pada tanggal 16 Februari 2012 mendatang yang akan berpusat di Gedung Rektorat UNTAN Lt III dan AMCOR Gedung UPT. Perpustakaan UNTAN. Opening Ceremony dan peresmian AMCOR akan dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat. Beberapa kegiatan juga telah dipersiapkan panitia pelaksana, diantaranya: Student Essay Competition 2012, Talk Show hingga Workshop.

0 comments

Post a Comment