| 0 comments ]

Pada tahun 2009 Universitas Sumatera Utara (USU) Medan menerima 40 mahasiswa baru asal Penang, Malaysia untuk tahun akademik 2009/2010. Rektor USU, Prof Chairuddin P. Lubis di Medan, Rabu (1/7) mengatakan, ke-40 calon mahasiswa asal negeri tetangga itu diterima melalui program Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Reguler Mandiri (SPMPRM). "Mereka memilih program studi Kedokteran karena hingga saat ini Malaysia baru mengakui dua program studi yang ada di USU, yakni Kedokteran dan Kedokteran Gigi," katanya. "Mereka nantinya akan bergabung dengan 160 mahasiswa baru fakultas kedokteran yang diterima dari berbagai jalur lainnya."

Sekitar bulan Agustus 2011 Universitas Sumatera Utara (USU) menerima 200 mahasiswa asing. Penyaringan mahasiswa melalui jalur internasional tersebut didominasi mahasiswa dari Malaysia.
“Penyaringan langsung dilakukan di Malaysia. Jadwal perkuliahan mereka sama seperti kelas regular di USU,” ujar Kabag Humas USU, Bisru Hafi kepada MedanBisnis di Medan, Jumat (5/8).

Secara total, ucapnya, jumlah mahasiswa kelas internasional yang umumnya mengambil Fakultas Kedokteran itu sebanyak sekitar 1.100 orang. Uang kuliah yang dibebankan ke mahasiswa sebesar Rp 85 juta per tahun.

Bisru menjelaskan bagi mahasiswa asing yang berniat kuliah di USU, ada dua jalur seleksi yang disediakan yakni melalui jalur program internasional dan Twinning Program dengan Allianze College of Medical Sciences (ACMS) Malaysia.

Untuk program internasional mandiri biaya kuliah yang dikenakan adalah Rp 85 juta per tahun dan Dana Kelengkapan Akademik (DKA) sebesar Rp 5 juta yang hanya dibayarkan calon mahasiswa sekali selama kuliah.

Sementara itu, untuk Twinning Program dengan ACMS, biaya kuliah mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di Fakultas Kedokteran USU per tahun adalah sebesar RM 46.000 atau Rp128.800.000.

“Semuanya sudah jelas tertera dalam ketentuan yang ada. Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa mahasiswa asing harus membayar RM85.000 atau Rp 238 juta pada Fakultas Kedoketeran USU itu sama sekali tidak benar,” katanya.

Pada tahun akademik 2012/2013 tampaknya membuka kembali peluang untuk mahasiswa asing asal malaysia. Persyaratan Pendaftaran Agensi Mahasiswa Malaysia dapat dilihat dalam pengumuman berikut :



Sumber :
www.usu.ac.id
Republika

0 comments

Post a Comment